Selasa, 27 Desember 2016

A Bird Story - Pemanisnya To The Moon

Tags

Berurusan sebuah game RPG kali ini. saya juga akan review tentang RPG.
Yap game ini berjudul A bird Story.
Dan kali ini juga, saya akan mengulas tentang game Steam kedua dari developer To The Moon.

A Bird Story - Steam

Plot


Bagian awal Selalu saya tayangkan adalah Plot. Plot dalam game ini. Cukup sederhana. Menceritakan seorang lelaki saat dia masih usia anak sekolah. Lelaki itu merasa sendirian. Hidupnya dikucilkan oleh beberapa temannya. Jadi fokus utamanya pada lelaki ini. Di bagian cerita 15 menit pertama akan disajkan kehidupannya sehari-hari. Namun pada 15 menit akhir, dipertemukan dengan burung terluka yang hampir dimakan binatang buas. Si Lelaki secara langsung menyelamatkan burung itu dari binatang buas. Itulah pertemukan pertamanya.


Tidak adanya Dialog


Game pada RPG pada umumnya lebih memberikan dialog interaksi antar NPC, Bot, ataupun event. Namun di bagian ini. Khusus game yang baru saya temukan ini memberikan sorotan utama dari gamers adalah tidak adanya dialog. Jadi pemain dapat memberikan dialognya melalui komentarnya sendiri. Game ini menjanjikan tetang animasi dan plot sederhana yang membuat player tidak suka akan game ini.


Selain tanpa dialog, karather disini hanya berfokus pada tingkah laku lelaki yang menjadi tokoh utama dalam game ini. Tidak terlalu menjanjikan dengan tingkah laku lelaki ini. Tapi kesan animasi RPG biasa.

Pemanis..


Dengan RPG yang begitu kesan biasa. Namun supaya tidak menjadi terlalu biasa. maka disini oleh pengembangnya diberi banyak sekali pemanis yang dapat memberikan kesan pada RPG (Maker) Game ini. Agar tidak menadi RPG biasa, maka dibuatnya lebih baik lagi.

Kesan pemanis yang saya berikan ini adalah beberapa-beberapa mini game yang ada di dalam game ini. Dikarenakan karena tanpa dialog game ini. Jadi agar terlihat menarik maka diberikan mini game.

Feeling yang tak sepenuhnya


Yap, sesuai dengan perasaan saya dalam game ini. feeling yang ada disini belum mengeluarkan secara sepenuhnya. Satu segmen yang sebenarnya tidak terlalu mencolok untuk pemain juga untuk mengeluarkan feelingnya. Sesuai dengan RPG sebelumnya untuk mengeluarkan feelingnya.namun kali ini. feelingnya terkesan kurang mencolok meskipun sudah diputarkan lagu pembawa feeling.

Dalam Steam kalian baca Note bahwa bukan lanjutannya To The Moon. Yap benar karna disini hanya pemanisnya To The Moon. Dan sebuah spoiler untuk game baru mereka berjudul : Fiding Paradise.


Musik


Bagian lain yang muncul dan mejadi perhatian khusus saya secara pribadi adalah musik yang ada dalam game ini. Mengapa tidak? seperti pada game To The Moon. Musik disini dapat membawa pemain untuk mengenal game ini lebih dalam. Walaupun terasa tidak semua musik disini tidak membawa sepenuhnya dalam emosional. Baginilah yang membangun pemanis, plot, dan visual dalam game ini.

Visual


Untuk berkata pada visual. Di game A Bird Story tidak terlalu beda jauh dari game sebelumnya. menggunakan bit dan pixel sederhana dalam game ini. Tapi, masih sedikit perubahan yang cukup berarti. Yakni beberapa visual pemandangan yang lebih cukup mencolok menghiasi mata pada beberapa menit tertentu. visual gedung yang terlihat baru ada dalam game ini. Selebihnya tergantung pada pemain game ini menilai visual ini.
Puncak Visual. Visual laut nan indah dengan pulau disana


Gameplay


Sudah terlalu banyak dibahas diatas. Gameplay seperti pada umumnya di RPG (maker) game, namun ini tidaklah umum karena pada umumnya RPG (maker) Game lebih suka pada battle system, dan sistem mini game. Karna game yang dibuat oleh developer To The Moon ini tetap mengandalkan plot, musik, dan visual yang mencolok, serta EVENT yang menjadi bagian mengenang dalam benak pikiran menjadi ciri khas dalam game ini.


Improving Input


Sesuai dengan sub bab ini. Sudah banyak improving input-input baru nan sederhana. misalnya suatu segmen kecil adalah melemparkan pesawat kepada burung yang diajak bermain, memotong roti, dan terbang dengan pesawat nan ajaib. Disitulah suatu hal terbaru dalam Game pemanis ini yang melebihi game awalnya pula.

Walaupun begitu. tidak terlalu banyak explorer input yang begitu berarti. Karna hanya penambah dalam game RPG aja. Apalagi Explorer nya hanya sebatas arrow dan action button.

Kesimpulan


Game RPG (MAKER) Game yang tak biasa menggunakan all not dialog. Namun tetap menjadi RPG (MAKER) Game yang berfokus pada animasi, plot, dan musik pelembutnya. Serta berkisahkan seorang lelaki penyendiri yang berteman pada seekor burung. Tanpa perlu terlalu beribet pada sistem battle, puzzle yang susah. dll. tapi game ini memberikan kesederhanaan yang begitu lengkap.

Speksifikasi

Minimum Windows - Mac Os - Steam OS
OS: XP, Vista, 7, 8
Processor: > Intel Pentium III 800 MHz
Memory: 2 GB RAM
Graphics: 1024x768 High Color +
DirectX: Version 9.0
Storage: 200 MB available space
Additional Notes: Usually runs on anything more than a baked potato.


OS: OS X 10.6.8
Memory: 2 GB RAM
Graphics: Radeon HD 2400 or comparable
Storage: 200 MB available space
Additional Notes: Usually runs on anything more than a baked potato.


OS: Ubuntu 12.04 or higher
Memory: 1 GB RAM
Graphics: Radeon HD 2400 or comparable
Storage: 200 MB available space
Additional Notes: This too usually runs on anything more than a baked potato; but one that you'd have to do the baking yourself and potentially tasting better afterwards.


Kelebihan :

  • Cepat sederahana
  • No Interaksi dialog
  • Mini game
  • Musik yang tetap terbaik
  • Tidak menyita banyak waktu
  • Visual yang tetap berasa.
 

Kekurangan :

  • Plot ceritanya tidak terlalu nampak
  • Terlalu cepat
  • Tidak ada bagian yang terlalu mencolok.
  • Tetap berasa RPG (MAKER) Game
  • Explorer Input yang tak terlalu penting
  • Penambahan Bahasa hanya terdapat pada Intro serta Credit titel.
 
Cocok bagi Gamer :
Cepat, Pecinta To The Moon, Tidak membuang waktu. Pencinta game Tradisional / Classic, Friendly Spec, tidak membuang waktu
Tidak Cocok Bagi Gamer : Tidak Suka RPG (Maker) game, jangan main. Tidak suka game yang tradisional / classic. Yang suka menghabiskan waktu. 

 
Score : 85 / 100 (lebih banyak ke musik dan tidak menyita waktu)


All Thank you to Studio freebirdgames

Simple People. Love Youtube

Silahkan Komentar dan Tinggalkan dibawah ini