[Review] Eternal Senia - ARPG dengan Cerita yang Kuat

Okay. Saya ingin memberikan Sedikit nilai dalam sebuah game.
Sesuai dengan judulnya. saya akan sedikit nilai kuat dalam game ini.
Saya berusaha tak banyak spoiler pada ceritanya karna kalian mengerti tentang game ini.
Langsung aja saya akan ulas.

Eternal Senia - Steam



Plot

Plot ini menceritakan tentang kedua wanita. Yang satu bernama Senia, dan yang satu bernama Magaleta. Too the point ke cerita. Senia ingin menyelamatkan Magaleta. Senia merupakan anak asuh dari Magaleta. Lama kelamaan, Magaleta menghilang dan akhirnya menghilang entah kemana. Dengan menghilangnya Magaleta, maka Senia yang semula Senia kecil. Akhirnya mencari Magaleta hingga kemanapun itu berada. Melakukan perjalanan Seluruh daerah menyeramkan di game Eternal Senia.
Memiliki Cerita yang Mendalam

Cerita yang Berharga

Meyoroti pada bagain yang penting ini. Dengan banyaknya flashback yang kuat. maka saya memberikan gelar cukup baik. Yaitu mengarah pada ceritanya dari game ini. Cerita dari game ini agak begitu kuat di bagian awal, lalu berjalan ke arah game pelan-pelan. dan akhirnya Ditutup dengan 3 ending yang berbeda yang memberikan kesannya masing-masing. Namun dari ketiga ending itu tetap memberikan kesan yang begitu dalam feelnya.

Menyoroti beberapa flashback. Flashbacknya cukup kuat juga. Dikarenakan Sedikit Spoiler. Senia adalah anak terbuang dari suatu kampung kecil. Kampungnya diserang oleh banyak monster yang membuatnya sendirian. Namun untung ada Magaleta yang menolong si Senia. Dan saat yang sama. akan ada tokoh bernama Nia. Yaitu adik asli dari magaleta. Terus apa hubungannya? Yap. Nanti kalian akan dapatkan dalam game ini.

Menyoroti pada bagian Ending. Kalian sendiri dapat menilai endingnya dari game ini. Diberikan 3 ending yang berbeda dan tentu akan memberikan feeling yang berbeda di setiap endingnya. Untuk jelasnya kalian dapat melihat video berikut.

ARPG

Menggunakan sistem ARPG yang berarti Action RPG. Konsep yang sedikit berbeda dari game RPG Maker game yang saya mainkan. ARPG sistem sederhana ini dibawakan dengan smooth dan lembut. Jadi bisa dibilang game ini cukup memberikan hal-hal yang berbeda dari yang lain. Sistem ARPG yang cukup mendominan hampir semua sisi game ini dapat membuat kita cukup nyaman dalam memainkan game ini.


Tingkat Kesulitan ARPG disini bertambah seusai dengan stage dan dungeon. Nah akan bertanya. Loh kok bisa.? Coba kalian melawan raja. lalu raja di bagian Realms. Pasti akan berasa agak susah (apalagi bagian endingnya. Susah amat). Pembawaan yang dibilang imba di bagian endingnya walaupun sudah mendapatkan equidment yang dibilang luar biasa dapat dibawakan dengan sangat baik.

Suatu Skill setiap monsternya membawa kita harus berhati-hati dalam berjalan dan menghindari skill monster di game ini. Misalkan saja jika kalian memainkan state terakhir. ketemu dengan namanya Num. maka ia akan menyerang magic kepadamu dan harus menghindar agar tidak terserang oleh magicnya.


Untuk pembawaan boss, Boss yang ada di setiap state memang tak bergerak. namun menyerang dengan skill layaknya Num di state akhir. Dari awal kalian main game ini akan meresakanan atmosfer yang berbeda di setiap gameplay yang kalian mainkan. Susah menjelaskan. Tapi begitulah skill yang dilakukan oleh boss dan beberapa monster disini.

Puzzle

Dari semua game RPG. di game ini memberikan puzzle yang begitu berbeda nan sederhana. Tapi menarik. Dibawakan dengan perbedaan puzzle yang sempurna dan selalu bertambah kesusahannya di setiap statenya. Tidak terlalu banyak memberikan pendapat. namun puzzle yang paling membingungkan adalah puzzle sebelum bagian akhir.

Semua puzzle disini diuangkapkan dalam bentuk yang berbeda-beda. Misalnya mencari tombol. Mengkombinasikan pilar. dan lain-lain. Semuanya kompleks dan menarik. Sempurna.


Quest

Jika kalian menemukan beberapa makhluk ya ada sebelum pintu boss itulah Quest yang akan kalian tempuh untuk menukarkannya dengan fragment crafting senjata terkuat. Gabungkan Fragment ini hanya sekali ada dalam game ini di setiap state. jadi jangan sampai kalian membuat senjata dua dalam game ini. Usahakan satu-satu. Karna akan keluar sekali saja dalam game ini.


Gameplay

Gameplay dalam game ini dibilang sangat sederhana dengan kehadiran dari sistem ARPG ini. Yaitu cuman mengkill lewat arrow directions, dan beberapa input keyboard atau gamepad yang cukup memberikan fungsi mereka masing-masing. Seperti menyerang, melempar, dan kekuatan terkuat.


Menawarkan gameplay berkelas RPG pada umumnya. Salah satu hal dihilangkan adalah sistem buy and sell atau istilah lainnya adalah market. Mungkin sistem ini salah satu sistem kesukaan dari hampir semua game, namun dalam game ini tidak ada artinya dengan menggantikannya dengan sistem crafting.


Sistem lainnya yaitu menambahnya darah dan mp setiap beberapa detik. Salah satu keunggulan kecil yang tersendiri dalam game ini. Walaupun beberapa game RPG ada sistem demikian. Tapi game ini menawarkannya dengan cukup baik. 

Musik

Musik yang ditawarkan sesuai dengan kondisi setiap mapsnya. Musik yang ditawarkan memiliki feel mereka masing-masing. Misalnya Saat Melawan boss. Waktu Ending. dan lain-lain. Pokoknya terasa feel dari setiap nada yang ada dalam musik ini. Jika tidak percaya cobalah main sampai ending.
Dengan sekitar kurang lebih 30 track lagu. Memberikan kesan yang dapat memicu emosional dalam bermain game ini.

Visual

Visual yang diberikan terkesan masih ada dalam RPG Maker VXA Resource. Bahkan beberapa visual terasa familiar dalam game ini. Namun pembawaan gamenya yang terkesan agak berbeda ini memberikan kesan begitu beda. Pembawaan background, monster, dan carather sesuatu yang berbeda ini dibawakan dengan baik.


Visual lainnya yang terinpirasi dari Ragnarok Online adalah Senia yang diinpirasi dari Ygnizem Seniar dan Magaleta yang terinspirasi pula dari Ragnarok Online yaitu Margaretha Sorin. Jika kalian tidak percaya. Di dalam steam sudah diberi tulisan dan kalimat. dan kalian cari secara seksama tentang karather ini.

Kesimpulan

ARPG dalam RPG dengan cerita worth ini dapat membawa dalam emosional.Setiap Flashback mewarnai dalam game ini yang dapat memberikan cerita yang lebih bermakna. Dengan Visual yang terkesan agak familiar ini, telah dibawakan dengan bentuk yang begitu sangat berbeda dari beberapa RPG pada umumnya. Juga pembawaan musik yang dapat memberikan kesan tambahan dalam game ini.

Speksifikasi

MINIMUM:
OS: Microsoft® Windows® XP / Vista / 7 (32-bit/64-bit)
Processor: Intel® Pentium® 4 2.0 GHz equivalent or faster processor
Memory: 512 MB RAM
Graphics: 1G VRAM
Storage: 400 MB available space

RECOMMENDED:
OS: Microsoft® Windows® XP / Vista / 7 (32-bit/64-bit)
Processor: Intel® Pentium® 4 2.0 GHz equivalent or faster processor
Memory: 512 MB RAM
Storage: 200 MB available space

Kelebihan :

  • Memilki Cerita yang agak kuat
  • Sistem ARPG yang sederhana nan sulit
  • Tingkat kesusahannya yang tepat untuk terus meningkat.
  • Boss yang susah sekali
  • Sistem ARPG yang asyik untuk dimainkan
  • Pembawaan visual yang berbeda dari RPG pada umumnya
  • GRATIS

Kekurangan :

  • Visual yang terlihat Familiar
  • Sistem ARPG yang terlalu membosankan (jika semakin lama)
  • Jika terlalu sering menang akan membosankan
  • Jelas cepat membosankan. 


Cocok bagi Gamer : Cerita Worthly, RPG Maker Lover, ARPG Lover.
Tidak coco bagi Gamer : Not RPG Maker Lover. Belum suka dengan RPG Game Lover. Tanpa Emosional. Terkesan cepat bosan dengan ARPG
Score : 86 / 100 (Nilai menurutku)

Thank you to :
Holy Priest for created and owner of this game

1 Comment

Andri Rafi said...

Ane telat 2 tahun, hehe. Ceritanya bagus dan memang tdk bisa direkomendasikan kepada player yg sukar "tersentuh" dengan cerita yang emosional. Apalagi yg tidak tertarik dengan game ARPG. Overall, worth it kok. Toh juga gratis. Ane juga barusan selesai tamatin :D

Post a Comment

Silahkan Komentar dan Tinggalkan dibawah ini