[Review] To The Moon - RPG dengan Cerita Berharga dan Membawa dalam Emosi

Semua orang mungkin telah memainkan game ini.
Pasti tidak hanya kamu dan aku. Namun Sesuai dengan apa yang telah saya mainkan.
Namun Tetap saya mainkan game RPG.
Hampir semua game yang ada di blog dan youtube merupakan game sederhana dan RPG.
Tapi Bolehlah karna speksifikasi laptop ane yang kecil.
Okay langsung ke poin game To The Moon.

To The Moon adalah game RPG yang dibuat oleh tim Freebirdgames. Game ini meurpakan game yang menghidupkan para PECINTA RPG. Khsussnya yang sudah mengerti tentang RPG Maker. Bagi sebagian besar pecinta RPG pasti akan ada namanya battle system. Namun perbedaan mencolok ada di game ini yang menawarkan cerita dan musik yang begitu memorable. Okay fix. langsung ke poin inti.
(To The Moon - Sumber : Steam)



PLOT
Langsung sekilas PLOT nya saya ambil di awal. karna pasti sudah pada paham. Jadi Ada seorang kakek hampir meninggal. Sebelumnya, Ia berpesan pada seorang pembantunya bernama Lily untuk berpesan bahwa ia ingin pergi ke Bulan di saat akhirnya hidupnya. Akhirnya Ia berpesan pada Sigmund Company buat memenuhi keinginannya. Semua ini telah diungkapkan dalam trailernya To The moon.

CERITA BERHARGA
Tidak terlalu banyak spoiler dalam game ini. Jadi jika ingin memainkannya. Segera mainkan karna cerita dalam game ini cukup berharga. (Kalau spoiler cukup dibagian plot) Kalau lebih mengarah pada emosional. Ceritanya bisa jadi berharga walaupun disajikan hanya berupa visual sederhana seperti ini (Belum kelas AAA) dan diperuntukkan bagi All Age Version..

Okay pendapatku mengenai ceritanya. Pembawaan RPG (MAKER) Game ini cukup memberikan kesan cerita jleep masuk dalam hati utamanya di emosi dan perasaan orang. BUG disini udah tidak ada, dan BUG tidak pengaruh besar (Walaupun bugnya sangat sedikit terlihat). Dalam beberapa game RPG, kita bisa melakukan grinding alias out from story for get leveling or anything. Namun, di game ini. tidak dapat melakukan grinding. Karna not open world map. (Memang kita di minta fokus ke cerita).

Ceritanya agak kuat sebenarnya. Sederhana, dan mudah dipahami.. (sangat mudah dengan lantungan musik juga)

GAMEPLAY
Jadi poin penting gameplay yang disajikan dalam setiap game. Untuk begitu, gameplay disini tidak menjanjikan apa-apa. hanya sedikit puzzle dan mini game. Tidak begitu menyenangkan jika tidak suka ama RPG yang gameplay begitubegitu mulu. Namun, Memang Gameplay disini secara sederhana hanya ada dua. Puzzle and Mini game.

(Mini Game yang sering muncul - Dokumen Pribadi)

Puzzle disini diminta untuk menemukan 5 bola / orb yang akan membawa anda ke masa lalu dari si pemilik tubuh ini (Johny). Disajikan sederahan dari gameplay. maka akan ada tipuan sederhana saat anda pertama kali main. yaitu Battle System(sebenarnya hanya tipuan dan hanya candaan belaka jika di cermati baik-baik).

MUSIK
Musik yang dipasang dalam game ini memberikan kesan lebih dan lebih dalam untuk memasuki game ini. Sang produser dan director. Kan Gao yang merancang semua musik ini sendiri dengan piano kesayangannya. Dengan dirinya sebagai pencipta lagunya.

Sedikit mengejutkan bagiku, adanya Laura Shigihara (pada waktu itu adalah pengisi musik Plant vs Zombie) ikut turun tangan dalam game ini. Dengan kombinasi mereka berdua. menciptakan musik yang dapat mengubah emosional (bahkan yang tidak emosional ikut merasakan emosional dalam game ini).

Musik disini dibuat dengan kesan yang emosional dengan nada lembut dari piano ini sangat menghipnotis pemain agar lebih masuk lebih dalam.. (sesuai sebelumnya)...

VISUAL
Entah mengapa saya memasukan Visual bagian akhir. Entalah apakah itu baik atau buruk. Tapi Overall. Semua kembali pada VISUAL RPG(KARENA MEMANG GAME RPG). Disisi lain, Visual disini dapat menggambarkan pemandangan yang Indah di bagian akhir. Namun untuk bagian awal. belum banyak muncul pemandangan yang menarik.


MEMBAWA DALAM EMOSI
Emosi disini pasti diartikan dengan mudah. yaitu perasaan dan feeling. bagi yang belum terasah feelingnya sepertiku dapat menjadikan game ini sebagai bagian latihan feeling. Kombinasi semuanya tadi saya satukan dalam bagian ini. Pembawaan ke dalam emosi player di bagian akhir sungguh sangat membuat kita masuk dalam emosi diri kita masing-masing. Tanpa perlu spoiler. Cukup memutarkan lagu - EVERYTHING's Alright - Laura Shigiraha - Dapat dipastikan bahwa yang diungkapkan dari game itu pun muncul.

Tidak Perlu membahas lebih dalam karna akan banyak spoiler. Apalagi nanti mengarah pada Plot utama dari game ini. Membuatku tidak merasa enak. Cukup Sekian aja. (HARUS MAINKAN!!)

KESIMPULAN  
RPG dengan Cerita berharga yang membawa seorang kakek pergi ke Bulan. Permintaaan yang tidak mungkin dilakukan saat tua. Tapi dengan bantuan SIGmund Company.. Segi Visual, Gameplay, sangat sederhana ditambah lebih worth pada MUSIK yang sungguh luar biasa. Tidak perlu banyak spoiler dan penilaian di masing-masing. SPESIFIKASI.

OS(Operation System/Sistem Operasi) : menggunakan Windows 98, XP, Vista, 7, 8, 10 ;  
Processor(Prosesor): Intel Pentium III 800 MHz ;
Memory(Memory RAM): 512 MB RAM ; 
Graphics(GPU): 1024x768 High Color + 
DirectX®(For Windows): 9.0  
Hard Drive/Storage(Peyimpanan) :100 MB HD space 

OS(Operation System/Sistem Operasi): OS X 10.6.8  
Graphics(GPU): OpenGL 2.0 capable graphics card  
Hard Drive/Storage(Penyimpanan) : 500 MB available space

OS)(Operation System / Sistem Operasi): Major Linux Distribution from 2010  
Graphics(GPU): OpenGL 2.0 capable graphics card  
Hard Drive/Storage(Penyimpanan): 500 MB available space

Kelebihan :
  • Musik yang begitu emosional
  • Cerita yang kuat
  • Tidak Terlalu Ribet dengan Quest.
  • Visual yang cukup baik era saat itu
  • Game of The Year RPG on 2011
  • Kombinasi Musik, Visual, dan Cerita yang Perfect.

Kekurangan :
  • Kurang Mini game,
  • Kurang Open World (memanglah :v)
  • Not 8 Directions
  • Visual Terbilang Sederhan.
  • Not Side Quest.

Cocok bagi gamer : RPG (Maker) game lover, Pencinta Cerita berharga (Worth Story/Rich Story), Musik worth on game, Yang berfokus pada cerita daripada visual. dan Friendly game

Tidak cocok bagi gamer : Tidak Suka RPG Maker, okay... Suka yang bertemakan luas. Tidak cocok bagi yang tidak memiliki emosional, Serta yang tidak cocok sama visual RPG yang kuno (dibilang kuno oleh beberapa orang).

Penilaian : (Cerita + Musik (range 10) / 10 ---> Penilaian masing-masing 
All Thank you to Studio freebirdgames

Steam for distribute this game

0 Comment

Post a Comment

Silahkan Komentar dan Tinggalkan dibawah ini