Saturday, February 25, 2017

Misao - Sekolah Terkutuk

Tags

Sebuah hal yang ingin saya review. Kali ini menreview RPG.
Dan kali ini akan mengulas sedikit tentang Misao.
Horor RPG .

Inilah Misao...

Sebuah game yang dibuat oleh Sen yang mengusung genre game Horor, mistery, dan Puzzle berjudul MISAO, Kesuksesan game pertamanya bernama Mad Father dan Misao merupakan kelanjutan game dari Mad Father itu. Apakah Game yang di rilis di tahun yang sama akankah sukses di tahun yang sama? Apakah sebaliknya. Hanya 1 yang akan menjadi pencundang di tahun itu?

PLOT

Misao adalah siswi Sekolah Menengah yang pendiam dan terkucilkan oleh teman seangkatannya. Dari kehidupannya, Misao sering di BULLLY oleh teman-temannya. Hidupnya sungguh mengenaskan. Bahkan di kisahkan, Dia akhirnya menghilang secara misterius.


Setelah beberapa bulan setelahnya, banyak yang isu tentang keberadaaan  MISAO. Setelah jam pelajaran, tiba-tiba kelas dihantui secaara seram. Mahasiswa disana begitu panik akan hal itu. Jeritan wanita terdengar sangat keras menghantam siswa-siswi hingga pingsan.

Kembali bangun dari pingsan, Kita sebagai MC mulai memasuki tahap permainan. Tiba-Tiba bertemu seorang yang terkenal sebagai Penjual Keliling. Penjual keliling ini pun menceritakan tentang sebuah kutukan yang terjadi saat ini. Untuk menghentikan kutukan ini, kita mengumpulkan 6 potongan tubuh bekas mutilasi dan menjawab seluruh teka-teki. Apakah kita sanggup menjawab semuanya? Semua jawaban ada di tanganmu Saat ini.

Plot yang dikemas oleh SEN secara singkat ini cukup memberikan gambaran jelas akan game ini. Seperti game Mad Father pada sebelumnya yang tidak memberikan gambaran yang berubah seketika ketika bermain. Sebuah nilai tersendiri dari game buatan Sen. 

Sekolah Tekutuk

Sebuah bagian yang paling populer, classic, dan monoton hingga saaat ini. yaitu Sekolah Tekutuk. Developer Sen merubah bagian yang populer ini dengan banyak penanmbahan-penambahan Sprite-Sprite pendukung serta tittleset agar terlihat berbeda dari yang biasa. Penambahan-penambahan ini yang membuatnya terlihat Semi-Classic.

Di beberapa ruang diubah dan disulap lebih menakutkan, semi modern dan beberapa mesin diubah dari seri RPG Classic. Tapi segala perombakan ini tidak memberikan nilai plus pada game ini.


Setan tampil dalam game ini terlihat biasa sprite RPG. Setan disini tidak memberikan gambaran yang menakutkan, walaupun telah diusahan oleh SEN. Tapi Setan disini hanya terlihat pelengkap saja. Setannya memberikan gerak refleks doang pada pemainnya. Jadi hanya sebagai pelengkap saja.

Darah demi darah tercurah pada mereka yang telah mem*Bully* Misao. Terkutuklah semuanya kepada mereka. Walaupun begitu, pembawaan disini dinilai sangat tak manusiawi dan pantas untuk mereka yang telah membully MISAO.

Diusung secara baik oleh Developer SEN. Tapi masih kurang menonjol di beberapa titik. Misalnya, setan-setan tersebut masih mudah dilewati, Kurangnya lebih dalam, serta sprite-sprite yang masih kurang. Walaupun masih berasa kurang, tapi secara keseluruhan cukup. Serta bagian terpenting yang ditonjolkan adalah pesan moral.

Gameplay

Misao Game menggunakan 8 directions yaitu secara arrow dan diagonal, selain itu juga menggunakan sistem puzzle untuk menyelesaikan MISAO. Selain itu, adanya penambahan key items, action key, dan Charatherc Choise. Sesuatu hal terlihat biasa ini memberikan nilai cukup pada Misao.


Kebanyakan game RPG menggunakan batlle system yang sering di unggulkan. Namun game ini Game yang dibuat dengan engine Wolf RPG Maker ini dengan menghilangkan battle system. 

Misao game lebih banyak berfokus pada sisi cerita dan puzzle. Penggunggulan cerita dan puzzle merupakan ciri khas tersendiri game RPG Game milik SEN. Walaupun begitu, masih perlu banyak perbaikan pada visual agar lebih kuat lagi. Serta disarankan penambahan sprite-sprite dan penambahan jalan cerita agar mendapatkan lebih tajam lagi.

Puzzle yang Beragam


Selain tingkat kesusahannya puzzle yang beragam, juga ditawarkan sesuatu hal yang membuatmu harus berhati-hati dalam bertindak. 

Dari yang mudah, sampai yang susah dijawab. Tingkat kesusahan yang paling terkesan adalah menebak warna dan angka. Disitu terdapat hal yang membuat mengakhiri game ini.

Ini Code ??

Developer Sen telah membawakan game puzzle RPG yang cukup baik. Dengan mengusung sedikit ruangan atau maps. dan terkesan sedikit memoriable dalam menyelesaikan teka-teki. Diharapkan untuk memberikan banyak sekali Puzzle serta ruangan tambahan untuk game ini.

Visual

Misao berusaha menawarkan visual-visual yang menakutkan. Tapi masih ada visual-visual yang terlihat sama di Mad Father dan kurang kreativitas di Misao ini. Seperti visual picture NPC merupakan ciri khas dari RPG World Engine atau mungkin ciri khas dari visual Developer Sen pada masa itu.

Kreativitas pembuatan sekolah tidak berasa membosankan. Pembawaan maps sekolah dirasa kurang menyeramkan. Maps yang tidak terlalu besar ini telah mendapatkan jabatan friendly computer. Kenapa Friendly Computer? Karena dapat dimainkan disetiap komputer. Khususnya komputer yang memiliki speksifikasi rendah.


Di sisi lain, Visual yang saya harapakan adalah remake/pembuatan yang terbaru dari MISAO. Karena walaupun berasa cukup, tapi visualnya masih banyak yang kurang dari Misao. Jadi saya harap, dapat di-remake lebih baik lagi dari yang disajikan SEN. Serta pembaharuan karather yang semula berasa kurang hidup diremake lebih baik seperti game Mad Father yang telah berasa seram. Untuk semuanya terasa okay.

Music

Mengusung sedikit musik. Tidak memberikan dampak besar dalam game ini. Hanya saja memberikan kesan game horor. Tidak memiliki musik yang terlalu memoriable dan tidak begitu beragam dari game ini. Serta tidak terlihat memiliki musik yang seram.

Speksifikasi :

Minimum:  
Sistem Operasi: Windows 7 atau yang lebih tinggi lagi
Prosessor: Intel Core 2 1.06 Ghz  (
Memory Random Acces Memory : 1 GB RAM 
Graphics Card: Integrated graphics 
Direct X : Version 9.0 
Storage Kapasistas Penyimpanan : 100 MB available space

(Diambil dari Mad Father, karena tidak terlalu jauh perbedaannya)

Kesimpulan

Walaupun tidak sepanjang game Mad Father. Tapi Misao cukup baik dimainkan. Seperti Sen  memberikan seri lanjutan dari Mad Father dengan baik hanya perlu diperluas lagi. Serta tidak memberatkan di komputer maupun laptop dan cocok dimainkan semua usia. Bisa di bilang cukup sukses untuk melanjutkan seri Mad Father. Saya sangat menyarankan untuk remake terbaru dari Misao. Spoiler sedikit ; Endingnya cukup menarik.

Kelebihan :

  • Game of the Year for me
  • Unsur-unsur horor cukup kuat
  • Sederhana
  • Beragamnya puzzle yang terlihat unik.
  • Beberapa sprite terlihat cukup.
  • ED yang menarik 

Kekurangan:

  • Visual kurang improve pada tittle set / tittle dan sprite yang kurang menajamkan game.
  • Musik monoton
  • Plot yang terlalu jelas

Cocok buat gamer : RPG GAME Horor Classic
Tidak cocok buat gamer : Bukan Penyuka game Classic
Penilaian : 8.7 / 10 (bisa berubah tergantung pemain menilai)

Sekian. kira-kira bagaimana pendapatmu? 

Sumber : 
All Image and some to owner of this game = Sen for make this game

Simple People. Love Youtube